Saturday, September 21Referensi Bisnis Sumatera Selatan

Tol Terbanggi Besar-Kayuagung-Palembang Sudah Bisa Dilewati Pemudik

EKSEL – Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono memastikan Jalan Tol Terbanggi Besar-Kayuagung-Palembang sudah dapat dilalui pemudik pada H-7 Lebaran Idul Fitri mendatang. Hal itu disampaikan langsung saat meninjau progres pembangunan Tol Kayuagung, kemarin (11/5).

Dia mengatakan para pemudik yang biasanya melewati jalur Lintas Timur Sumatera sudah bisa melalui jalan tol sekitar tanggal 30 atau 31 bulan ini. 

“Dibuka sekitar tanggal 30 atau 31 Mei nanti. Memang baru bisa difungsionalkan belum dioperasionalkan, tapi kalau Tol Bakauheni-Terbanggi Besar memang sudah beroperasi,” ungkap Basuki.

Basuki menambahkan, bahwa untuk Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang meskipun baru fungsional namun rasa operasional. Sedangkan untuk Tol Kayuagung-Palembang baru bisa difungsionalkan pada lebaran mendatang.

“Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang akan difungsionalkan empat jalur, Pematang Panggang-Kayuagung satu jalur. Kita gratiskan bagi pemudik yang akan melewati tol ini,” lanjutnya. 

Sementara itu, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, yang juga turut meninjau menyatakan bahwa jalan tol ini hanya difungsikan mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Korlantas untuk keamanan jalannya arus mudik.

“Selama ini perjalanan bisa ditempuh lebih dari 12 jam sekarang bisa 7 jam, bahkan kalau sudah operasional menempuh 4 jam Bakauheni-Palembang. Tadi sudah ada dua rest area tapi belum lengkap, nanti akan kita lengkapi,” pungkasnya.