Sunday, January 19Referensi Bisnis Sumatera Selatan

Tingkatkan Semangat Petani Buah

EKSEL – Warga Sumatera Selatan (Sumsel) dapat menikmati aneka buah  lokal dari 17 Kabupaten/kota di daerah ini dalam festival buah dan produk pertanian unggulan ke- 3 Tahun 2020 digelar Pemerintah Provinsi Sumsel dimulai, Jumat (10/1)  hingga dua hari kedepan dipusatkan dihalaman Istana Gubernur Griya Agung Palembang.

Sejumlah aneka buah-buahan lokal yang dipamerkan diantaranya buah durian, manggis, nanas, mangga dan aneka buah lokal lainnya hasil  pertanian dan perkebunan dari sejumlah daerah di Sumsel.

Gubernur Sumsel  H. Herman Deru  yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda  Prov. Sumsel Prof Eduar Juliartha  dalam arahannya menyambut baik digelarnya festival buah ini sebagai salah satu destinasi unggulan selain untuk melestarikan aneka buah lokal hasil pertanian Sumsel juga untuk menarik  kalangan pelancong  untuk datang ke Sumsel menikmati secara langsung manisnya buah-buahan hasil pertanian dan hasil hutan Sumsel.

“Acara ini sangat luar biasa sebagai salah satu upaya kita  dalam memajukan sektor pertanian dan perkebunan Sumsel,” tegasnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, Sumsel memiliki potensi luar biasa bidang pertanian dan perkebunan  yang harus dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat tanpa merusak alam sekitar.

“Kita tahu Sumsel adalah daerah yang penuh potensi salah satunya pertanian. Kita berharap momentum ini membawa dampak yang baik bagi Provinsi Sumsel kedepan,” imbuhnya.

Sementara itu  Raimar Kusnadi selaku ketua pelaksana kegiatan festival buah menyebutkan, kegiatan ini merupkan ke tiga kalinya digelar dan mendapatkan dukungan penuh dari  Gubernur Sumsel H. Herman Deru    sebagai salah satu upaya meningkatkan semangat petani untuk mendukung penuh taget Sumsel Lubung Pangan Nasional.

“Kita ingin  ikut  berkontirbusi dalam ketahanan pangan di Indonesia. Adapun dalam festival buah kali ini kita melibatkan122 stan yang terdiri atas  pelaku UMKM yang menampilkan sejumlah produk hasil pertanian termasuk buah-buhan,” tandasnya.

Hadir serta dalam pembukaan pameran  festival buah kali Ketua TP PKK Sumsel Hj. Febrita Lustia Herman Deru beserta  Wakil Ketua TP PKK Sumsel Hj. Fauziah Mawardi Yahya dan sejumlah pejabat penting lainnya.

Pameran produk petanian dalam festival buah kali ini juga mendapatkan sambut  dan antusias dari warga secara bergelombang datang memadati setiap stan yang memamerkan aneka produk dan buah-buahan. Apalagi ada stan yang mengeratiskan pengunjung untuk menikmati buah durian secara gratis.