Sunday, April 18Referensi Bisnis Sumatera Selatan
Shadow

Sumsel jadi Pilot Project Ubah Sampah Jadi Energi Alternatif

EKSEL – Gubernur Sumsel H. Herman Deru menerima Audiensi Dirjen Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Rosa Vivien Ratnawati di Ruang Tamu Gubernur Sumsel. Rabu (6/01/2021)

Berkenaan dengan pengelolaan sampah di Indonesia yang selama ini masih menjadi permasalahan pelik, Herman Deru  mendukung penuh project pemanfaatan bahan bakar alternatif di Provinsi Sumsel. 

Dikatakan Deru, Kedepan pihaknya akan menunjuk OKU Raya (OKU,OKU Timur dan OKU Selatan) menjadi lokasi pilot project energi alternatif yang dapat digunakan di dalam industri. Sebagai solusi atas kelebihan kapasitas di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. 


“Untuk tempatnya nanti kita akan coba di OKU Raya, segera akan kita koordinasikan dengan pemerintah daerah setempat. Mudah-mudahan penerapan pengelolaan sampah berteknologi Refused Derived Fuel (RDF) segera terealisasi,” tuturnya. 

Menurutnya , sampah merupakan menjadi masalah bersama dan butuh penyelesaian serius. Karena itu dirinya sebagai kepala daerah mengambil peluang melalui penyiapan fasilitas yang dibutuhkan. 

 Sementara itu Rosa Vivien Ratnawati mengatakan jika mereka  melihat Provinsi Sumsel menjadi salah satu provinsi, yang berpotensi untuk menjadi pengolalan sampah menjadi energi alternatif  karena disini ada pabrik semen Baturaja dan sampah yang digunakan sebagai bahan bakar itu bisa digunakan oleh pabrik semen mengantikan batubara maksimal 10%. 

“Jika pengelolaan sampah ini benar-benar terealisasi,  Sumsel akan menjadi Provinsi pertama di Sumatera yang memanfaatkan sampah perkotaan (Municipal Solid Waste/MSW) sebagai bahan bakar alternatif dalam pembuatan semen lewat fasilitas Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) RDF. (ril)