Friday, February 21Referensi Bisnis Sumatera Selatan

Subsidi Layanan Kesehatan Harus Tepat Sasaran

EKSEL – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru katakan di Tahun 2020 ini, Pemprov Sumsel tetap subsidi pelayanan kesehatan untuk masyarakat Sumsel

“Saya ingin masyarakat Sumsel mendapatkan jaminan kesehatan dengan tepat sasaran dan merata” ujar Gubernur Sumsel H. Herman Deru saat menerima Deputi Direksi Wilayah Sumsel Kepulauan Bangka Belitung dan Bengkulu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dr. Reza Novelia, MKM beserta jajaran dalam rangka melaporkan progres Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Ruang Tamu Gubernur, Jumat (03/01/2019).

Ditambahkannya, terkait subsidi pelayanan kesehatan dimulai dari puskesmas yang merupakan tempat pelayanan dasar bagi masyarakat sebelum ke Rumah Sakit maupun dokter spesialis.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Herman Deru menegaskan agar tidak ada hambatan dalam penyelenggaraan subsidi kesehatan yang merupakan bantuan dari Pemerintah Prov Sumsel untuk masyarakat yang ada di Sumsel.

“Sehingga Per tanggal 1 Januari 2020, Pemprov Sumsel akan tetap mensubsidi kepada 454.310 jiwa dengan status kepesertaan yang ada di kabupaten kota Sumsel” jelasnya.

Oleh karena itu, Ia meminta agar ada kerjasama dan koordinasi lebih mendalam secara teknis antara Pemprov Sumsel, Pemda Kab/kota, dan BPJS Kesehatan dengan menyamakan satu persepsi agar terwujud pelayanan kesehatan yang tepat sasaran untuk masyarakat .

Sementara itu, Deputi Direksi Wilayah Sumsel Babel BPJS Kesehatan dr. Reza Novelia, MKM., mengatakan bahwa pada tahun 2019 Pemprov Sumsel juga telah memberikan subsidi untuk memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di Sumsel.