Monday, May 25Referensi Bisnis Sumatera Selatan
Shadow

Pemprov Sumsel Siapkan Wisma Atlet Jakabaring Sebagai ODP Center Covid-19

EKSEL – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru bersama Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya dan Forkopimda Provinsi Sumsel meninjau Wisma Atlet Jakabaring Palembang, Jum’at (27/3/2020).

Herman Deru mengatakan, Wisma Atlet tersebut disiapkan untuk mengantisipasi peningkatan Orang Dalam Pengawasan (ODP) Covid-19. Menurutnya, Pemprov Sumsel bersama Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sumsel mengambil langkah dengan menetapkan wisma atlet Jakabaring sebagai ODP Center dengan kapasitas lebih kurang 900 kamar dengan tipe kamar sama dengan wisma atlet Kemayoran Jakarta.

“Ini baru menjadi tempat screning awal. Jadi tidak perlu ke rmh sakit baru nanti ditentukan harus dirawat di rumah sakit atau isolasi disini. Termasuk jika rumah sakit rujukan tidak cukup maka, untuk tahap awal beberapa kamar disini juga akan disiapkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP),” ungkapnya.

HD menambahkan, penetapan wisma atlet sebagai ODP Center itu merupakan hasil rembuk Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sumsel. Wisma Atlet ini disiapkan dengan tetap menggunakan standar pencegahan Covid-19.

“Bapak Wakil Gubernur langsung menjadi ketua tim percepatan penyiapan wisma atlet ini. ODP Center akan mulai beroperasi terhitung Senin 30 Maret 2020 mendatang,” ujar HD.

Dia menambahkan, secepatnya ODP Center akan segera disiapkan peralatan-peralatan kesehatan termasuk para dokter dan perawatnya.

“Jadi, ini menjadi tempat screening awal calon pasien dan disini akan ditentukan pasien ini apakah cukup isolasi mandiri di rumah, harus diisolasi disini atau harus dirawat di rumah sakit,” kata HD

“Untuk pengamanan dan pengawasan ODP Center ini dikarenakan bukan kawasan bebas maka akan dibantu pengaturannya oleh TNI dan POLRI termasuk disiplin tamu yang akan datang,” pungkasnya. (rel)