Thursday, October 17Referensi Bisnis Sumatera Selatan

Pemprov Sumsel Segera Buat Aplikasi Tampung UKM di 17 Kabupaten/Kota

EKSEL – Guna mengembangkan Koperasi dan usaha kecil menengah (UKM), maka Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan membuat aplikasi online khusus untuk produk-produk Koperasi dan UKM di Sumsel.

“Kita akan membuat database atau aplikasi yang memuat informasi seluruh UKM yang ada di 17 Kabupaten/Kota,” ujar Staf Khusus Gubernur Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif, Eko Agus Sugianto.

Eko diwawancarai usai Rapat Pembahasan Pengembangan Koperasi dan UKM di  Pemprov. Sumsel, Selasa (29/1/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan, tidak bisa dipungkiri kemajuan digital harus diikuti. Karena untuk yang konvesional sudah beralih ke digital.

Maka kalau tidak mampu mengikuti perkembangan zaman dan tidak bisa bersaing akan tergerus. Menurutnya kalau UKM yang sudah bergabung dengan ecomerrce yang lain silakan tidak apa-apa.

Namun ke depan  Pemrov. Sumsel akan membuat aplikasi khusus untuk mengakomodir hasil dari UKM yang ada di 17 Kabupaten/Kota. Jadi cukup buka aplikasi yang akan dibuat bisa terlihat semua yang dihasilakan di Sumsel.

“Selama ini mereka masih terjebak pada pola konvesional sementara pergerakan sekarang sudah jauh.”

“Kalau pameran sudah dari tahun ketahun ya begitu-begitu saja, bahkan dampaknya tidak signifikan. Untuk itu kedepan akan kita kembangkan ke arah digital dan ekonomi kreatif,” katanya seperti dikutif dari tribunnews.com

Untuk itulah saat ini  Pemrov.Sumsel  melakukan evaluasi terlebih dulu kemudian dari bahan evaluasi akan dirumuskan pola apa yang akan dilakukan untuk meningkatkan percepatan dari sektor UKM ini.