Sunday, July 5Referensi Bisnis Sumatera Selatan
Shadow

Pemanfaatan IT Sangat Penting Bagi UMKM

EKSEL – Gubernur Sumsel H Herman Deru diwakili Kadis Kominfo Sumsel H Achmad Rizwan, SSTP, MM menjadi narasumber dalam Webinar marketing series “The Role of Information Technology in Marketing Sector During Pandemic Covid-19” diselenggarakan oleh Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Palembang.

Gubernur Herman Deru (HD) melalui Rizwan mengatakan pemanfaatan IT dalam marketing selama pandemi Covid-19 di Sumsel, dinilai sangat perlu dilakukan untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkannya. Salah satunya seperti yang dilakukan Gubernur HD melalui media sosial melakukan endorse untuk membantu ratusan produk UMKM yang terdampak sehingga dapat meningkatkan omset penjualan mereka.

“Penerapan teknologi informasi dapat memberikan keuntungan dalam efisiensi waktu, biaya, dan tenaga. Bahkan di masa pandemi covid-19 ini, Gubernur HD juga telah menyiapkan ODP dan PDP Center dengan layanan hotel bintang 3 dilengkapi dengan fasilitas internet gratis,” ungkapnya.

Rizwan menjelaskan kesiapan Pemprov Sumsel dalam pemanfaatan IT bagi masyarakat dilakukan dengan menyediakan bandwidth, server, web, perangkat komputer, jaringan. Serta menyiapkan web desa dan internet gratis di pedesaan termasuk menyediakan aplikasi Si Pantaucovid SS yang merupakan aplikasi online yang berguna mengecek perjalanan seseorang yang masuk ke wilayah Sumsel di masa Covid-19.

“Penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dilakukan untuk memberikan layanan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya,” ungkapnya.

Selain itu, narasumber dalam kegiatan itu yaitu Executive Vice President (EVP) Telkom Regional (TR) 1 Sumatera, Ir Machsus Kusuma Apriyono, MM.,dan Chief Marketing Officer Smart Integrated System/ Expert IT System Sumsel, Johan Wijaya Kusuma, S.Kom, dan Sebagai Moderator GM Telkom Wilayah Sumsel, Hari Purwanto, ST, MT. Webinar ini juga dihadiri oleh Peserta yang berasal dari Seluruh Indonesia.