Friday, February 21Referensi Bisnis Sumatera Selatan

Integrasikan Internet Desa Dengan Pojok Baca Digital

EKSEL – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan ( Prov Sumsel) melalui Dinas Perpustakaan Prov Sumsel bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional menyelenggarakan Talkshow Gerakan Literasi Digital Provinsi Sumsel di OPI Mall Palembang, Jumat (13/12/2019).

Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru diwakili Asisten Administrasi dan Umum, Prof Edwar Juliartha serta sekaligus meresmikan secara simbolis pojok baca di Kabupaten/Kota di Sumsel.

Sebagai Dukungan, Pemprov Sumsel Siapkan Pojok Baca terintegrasi dengan Program Internet Desa untuk gerakan kepedulian dan tumbuhkan minat baca masyarakat Sumsel baik di kota maupun di Desa

Untuk mewujudkan hal tersebut, Dikatakannya bahwa Gubernur Sumsel Herman Deru telah menyiapkan program Pemprov Sumsel untuk menyediakan 100 pojok baca di Sumsel yang juga terintegrasi dengan Diskominfo Sumsel melalui program internet desa.

Dalam kesempatan itu, Duta Literasi Sumsel, Hj. Percha Leanpuri, B.Bus., M.B.A., mengatakan bahwa dirinya bersama Dinas Perpustakaan Prov Sumsel telah mengunjungi kabupaten/kota hingga pedesaan di Sumsel dalam sosialisasi literasi, dan menemukan bahwa minat membaca masyarakat Sumsel amatlah tinggi namun belum ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai.

“Bersama Kominfo akan diintegrasikan program ineternet desa dan pojok baca berbasis digital. Yang tentu akan menjadi icon di Sumsel, Kita ingin mengajak setiap daerah menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya literasi,” katanya.

Deputi II Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional Woro Titi, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penguatan literasi di Sumsel, dan me-Launching pojok baca yang dapat menjadi prestasi dalam mengembangkan budaya baca di Sumsel.

“Sumsel dinilai berpotensi untuk menularkan kegemaran untuk membaca. Literasi digital memberikan wawasan mengakses dan mengelola informasi dalam dunia digital. Literasi digital dapat menjadi salah satu solusi untuk menekan laju hoax. Sehingga telah disepakati di setiap daerah untuk menerapkan literasi digital,” katanya.

Untuk itu, dikatakannya Perpustakaan nasional sangat siap untuk mendukung pembangunan Sumsel dalam meningkatkan masyarakat yang gemar membaca dan pengembangan perpustakaan yang berbasis digital.