Tuesday, January 19Referensi Bisnis Sumatera Selatan
Shadow

Inkubator TIK, Sarana Terciptanya Produk Teknologi

EKSEL – Pemprov Sumsel  mealui Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Sumsel melaksanakan kegiatan Inkubator Teknologi Informatika.  Dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan H. herman Deru diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum , Prof. Edward Juliartha.di Emilia Hotel Palembang,.Jumat (4/12/2020)

Dalam sambutannya HD melalui Edward menyambut baik kegiatan ini.  Dikatakannya saat ini teknologi tak lepas dari kehidupan sehari-hari. Teknologi berkembang begitu pesat , sehingga setiap orang dituntut untuk dapat beradapatsi dengan setiap perubahan.  Apalagi saat ini di tengah Pandemi Covid-19, kebutuhan informasi mengenai virus tersebut terbantu dengan adanya kemajuan teknologi.  Setiap orang memiliki gadget untuk dapat meng akses setiap informasi.

“Era saat ini menuntut setiap orang  kreatif dan inovatif. Teknologi harus digunakan secara maksimal.  Dengan demikian dapat tercipta berbagai start-up yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan oleh banyak orang, Semoga kedepan kegiatan ini dapat terus dilakukan, mengingat kegiatan ini sangat diperlukan oleh mahasiswa ataupun fresh graduate dalam menciptakan lapangan kerja dan menumbuhkan jiwa entrepreneur” ujar Edward.

Pada kesempatan itu juga, Kadis Kominfo Prov Sumsel, H. Achmad Rizwan, SSTP, MM melaporkan bahwa Kegiatan yang diikuti oleh 100 orang peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa dan fresh graduate.  Merupakan kegiatan yang ke 2 kalinya dilakukan setelah pertama kalinya dilaksanakan di Tahun 2019 dengan peserta 100 orang. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada Mahasiswa/i dan atau fresh graduate menjadi motor penggerak perekonomian Kegiatan Inkubator Teknologi Informatika Tahun 2020 dengan menciptakan Peluang Usaha di era Industri 4.0, Mengembangkan usaha dan mempengaruhi serta menumbuhkan budaya wirausaha, Memperluas lapangan kerja, menyerap tenaga terdidik, menambah omzet usaha sehingga akan meningkatkan perputaran uang serta mengembangkan ekonomi suatu wilayah

“Dari kegiatan di Tahun 2019, dihasilkan 6 prototype yang diciptakan oleh peserta incubator TI tersebut.  Yaitu  Aplikasi Payo Laundry,  Aplikasi mStudy,  Aplikasi e-Raport, Aplikasi Payo Nak Kemano, Aplikasi Smart Class dan Aplikasi e-Tani.  Karena tingginya minat peserta terhadap kegiatan ini, maka kembali diadakan kegiatan yang sama dengan tujuan minat generasi muda terhadap pemanfaatan teknologi” jelas Rizwan.

Ditambahkan Rizwan dalam 2 tahun kepemimpinan HDMY dalam bidang teknologi informasi sudah banyak yang telah dilaksanakan, antara lain tersedianya program gratis Internet desa dan Web Desa, Aplikasi SIMATA Sumsel, terbentuknya Dewan TIK, dan incubator TIK.

“Sampai saat ini Internet Desa telah terpasang di 51 Desa di Kabupaten/Kota.  Hal tersebut sangat bermanfaat apalagi di masa Pandemi Covid-19 saat ini dimana siswa diharuskan seolah belajar daring dari rumah.  Dengan adanya fasilitas internet gratis yang dipasang di ruang publik di desa yang terpasang, siswa ataupun masyarakat yang memerlukan informasi dari internet dapat memanfaatkan fasilitas tersebut secara mudah” ujar Rizwan.

Kagiatan ini menghadirkan Narasumber yang berkompeten di bidangnya. Antara lain Joneten Saputra (Founder MY Office Coworking Space), Tommy Maulana (CEO Andalas Teknologi), dam Host Fathihani Nurqolbiah (Miss Internet Sumsel 2019)