Saturday, September 21Referensi Bisnis Sumatera Selatan

Herman Deru Apresiasi Pembudidaya Aren

EKSEL – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru mengapresiasi penanaman kebun budidaya aren dan menilai hal ini merupakan kabar yang baik bagi masyarakat Sumsel karena dari berbagai banyak pilihan tanaman komoditas yang dikembangkan di Sumsel.

Ternyata ada juga warga Ogan Ilir yang menanam pohon aren yang memiliki banyak manfaat dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan tambahan.

Hal tersebut diutarakan Gubernur Sumsel H. Herman Deru didampingi Wagub H. Mawardi Yahya melakukan blusukan dan mengunjungi kebun budidaya aren yang ditanam warga di Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Minggu, (08/09/2019).

Gubernur Herman Deru ungkapkan bahwa upaya pemanfaatan lahan rawa dengan penanaman aren pernah diprakarsai oleh Wakil Gubernur Sumsel Ir. H. Mawardi Yahya saat masih menjabat sebagai Bupati OI dua periode.

“Tanaman aren di Kabupaten Ogan Ilir dikembangkan pada lahan basah atau rawa. Dan dimanfaatkan dalam berbagai hal diantaranya yaitu daunnya dibuat atap atau dinding rumah tempat tinggal, lidinya dibuat sapu atau kerajinan tangan, buahnya dimanfaatkan sebagai panganan atau kolang kaling” ujarnya.


Tambahnya, Selain itu, Serabut atau ijuknya dimanfaatkan untuk membuat sapu atau keset kaki serta serbuk batangnya dapat diolah menjadi sagu.

“Sedangkan cairan getah dari bunga aren bagi sebagian warga diambil untuk dijadikan minuman atau tuak” pungkasnya