Sunday, April 18Referensi Bisnis Sumatera Selatan
Shadow

Festival Rempah, Aksi Nyata untuk Bantu Petani

EKSEL – Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Pangdam II/ Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru dan Wakil Ketua TP PKK Sumsel, Hj Fauziah Mawardi Yahya membuka Festival Rempah Sumsel Tahun 2020 yang ditandai dengan penuangan rempah secara simbolis di Halaman Griya Agung Palembang, Sabtu (24/10/2020).

Herman Deru mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini untuk memperkenalkan berbagai keanekaragaman rempah yang ada di Indonesia khususnya di Sumsel.

“Terima kasih Ibu Feby beserta para mitranya berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini. Meskipun tidak banyak orang dilibatkan karena masih berada ditengah pandemi covid-19. Ini aksi nyata untuk membantu para petani rempah,” ujarnya.

Selanjutnya, HD meminta agar kegiatan ini tidak terbatas pada acara seremonial saja, namun juga ada tindak lanjut lainnya dan juga inovasi-inovasi lainnya. Terkait hal ini, HD minta PKK untuk membuat daftar jenis dan manfaat rempah yang ada di Sumsel sehingga masyarakat dapat terinformasi. Selain itu, HD juga meminta agar BI dan Bank Sumsel Babel berperan dalam memberikan informasi tentang jual beli komoditas rempah di Sumsel.

“Saya ingin setelah ini ada gagasan-gagasan lain, yang sukses. Kepada disdik, coba berikan ilmu pengetahuan tentang rempah-rempah, ada pengenalan awal sejak dini agar anak-anak ikut memelihara rempah asal Sumsel. Kerjasamakan juga dengan perguruan tinggi,” ujarnya.

HD menegaskan bahwa Ia berkomitmen untuk mendorong PKK atau juga Gabungan organisasi wanita di Sumsel untuk melakukan berbagai giat positif lainnya. Ia bahkan meminta agar BI maupun Bank Sumsel Babel untuk mendukung pemanfaatan cagar budaya monumen tekstil sebagai tempat display komoditas-komoditas di Sumsel.

Sementara itu, Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru mengatakan festival rempah dilakukan untuk menggali kekayaan rempah khususnya di Sumsel agar terlindungi dari kepunahan sehingga lebih dikenal masyarakat. Menurutnya rempah memiliki banyak manfaat selain untuk makan rempah juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan bagi masyarakat khususnya covid-19.

“Dengan festival ini kita ingin memperkenalkan rempah hasil bumi Sumsel, memberikan edukasi dan manfaat hasil rempah, meningkatkan perekonomian, membangkitkan UMKM yang terdampak covid-19 khususnya bidang usaha berbasis rempah,” katanya.

Rangkaian kegiatan ini antara lain yaitu Bazar rempah, bazar tanaman rempah, bazar makanan, talkshow manfaat rempah, demo membuat minuman kesehatan, gebyar panggang kemplang, penilaian penghargaan sta d terbaik, senam beraama, dan lomba meracik minyak urut. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 24-25 oktober 2020 dan diikuti antara lain PKK Se-Sumsel, Organisasi Wanita di Sumsel, Stand UMKM, dan perkumpulan jamu gendong.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan pengumuman dan pemberian hadiah kepada para juara lomba HKG Tahun 2020 diwakili oleh para juara 1. Dan pemberian bantuan kepada pengusaha pemula dari Pemprov Sumsel bernilai total belasan juta.