Monday, May 25Referensi Bisnis Sumatera Selatan
Shadow

Donasi PMI Bisa Lewat QRIS

EKSEL – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sumsel Feby Deru resmi melaunching donasi PMI melalui aplikasi QRIS 2020, di Kambang Iwak (KI) Palembang, Minggu (15/03/2020) pagi.

Dikesempatan itu Feby Deru mengajak hadirin dan masyarakat Sumsel lainnya untuk ikut donasi PMI melalui aplikasi QR code Indonesian Standard (QRIS) 2020.

“Melalui aplikasi ini masyarakat tak perlu kuatir donasi yang diberikan akan disalurkan dengan benar”, terang Feby.

Tidak hanya donasi PMI, donasi kegiatan sosial lainnya dapat dilakukan melalui aplikasi ini.

Sejak 17 Agustus 2019 yang lalu, Bank Indonesia telah melaunching QR code Indonesian Standard yaitu standar kode respons cepat pembayaran nasional yang ditetapkan oleh Bank Indonesia bersama industri pembayaran, baik bank atau nonbank yang digunakan dalam memfasilitasi transaksi pembayaran retail di Indonesia.

Selain mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kemudahan dalam memberikan donasi, pada kesempatan itu juga Feby menghimbau kepada Masyarakat bagaimana menghadapi situasi saat ini terkait penyebaran virus Corona (Covid 19) di seluruh belahan bumi, termasuk Indonesia.

Hal tersebut menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat. Namun demikian penyakit tersebut dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup yang baik yaitu menjaga diri maupun keluarga melalui penerapan pola hidup bersih dan sehat.

“Sering mencuci tangan secara teratur dengan menggunakan sabun, baik saat sebelum makan ataupun setelah bepergian. Terlebih lagi bagi para ibu yang mempunyai anak balita, sebelum menyentuh dan menggendong bayinya agar mencuci tangan terlebih dahulu,” imbuh Feby.

Selain itu, Feby Deru yang juga Ketua TP PKK Sumsel menjelaskan hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah Covid 19 adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang bergizi dan seimbang, rajin berolahraga dan cukup istirahat, menjaga kebersihan lingkungan.

Kemudian, minum air putih 8 gelas/hari, mengkonsumsi makanan yang dimasak dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan, bila demam dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan dan jika keluar rumah atau bepergian agar sebaiknya menggunakan masker.

Turut hadir pada launching itu, Anggota DPR RI Hafiz Tohir dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel, Hari Widodo.