Thursday, October 17Referensi Bisnis Sumatera Selatan

AS Siap Jalin Kerja Sama di Berbagai Sektor dengan Sumsel

EKSEL – Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Mawardi Yahya menerima audiensi Konsulat Amerika Serikat (AS) untuk  pulau Sumatera Mr. Guy Margalith di dampingi staf  ahli ekonomi Rachma Jaurinata dan Staf Ekonomi konsulat Hans Sukanto Yahya bertempat di ruang audensi Wagub, Kamis (10/10/2019).

Pada kesempatan  tersebut  Wakil Gubernur Ir H. Mawardi Yahya yang didampingi Asisten II, Yohanes H Toruan dan sejumlah pejabat memaparkan potensi  Sumsel yang memungkinkan dapat  dikerjasamakan untuk digarap oleh pihak investor asal AS.

“Untuk diketahui Sumsel ini masih banyak peluang usaha yang dapat dikerjasamakan. Baik bidang sumberdaya alam, sosial ekonomi  maupun bidang budaya,” tegas Wagub.

Dikatakannya, khusus di bawah pemerintahan Gubernur H. Herman Deru dan Wakil  Gubernur Ir Mawardi Yahya (HDMY) saat ini tengah  fokus pada  pembangunan infratruktur  jalan.

Bahkan Sumsel saat ini telah ditunjang dengan sejumlah ruas  jalan tol maupun bandar udara Internasional.  Namun lanjut dia yang masih membutuhkan  perhatian  lebih untuk direalisasikan adalah pembangunan pelabuhan laut dalam  Tanjung Api-api.

“Pelabuhan laut dalam Tanjung Api-api untuk saat ini masih menjadi  peluang besar bagi  negara luar terutama bagi investor asal Amerika. Karena ini sudah kita cita-ciatakan sejak lama untuk  direalisasikan,” tambahnya.

Di samping itu Wagub juga  meminta ada kerjasama bidang pendidikan ditingkatkan dalam rangka mencetak generasi muda Sumsel yang unggul melalui  program pertukaran palajar atau sejenisnya  termasuk dalam hal membantu penyebaran fasilitas belajar di 17  Kabupaten/kota di Sumsel.

“Ada beberapa hal yang juga dapat dikerjasamakan dengan Amerika. Sumsel ada karet, sawit, minyak dan gas ini juga menjadi peluang bagi investor Amerika. Bidang lainnya  yang juga mendesak adalah dalam hal penyebaran kualitas fasilitas  pendidikan. Pendidikan berkualitas harus diimbangi dengan kuantitas pendidikan,” tandasnya.

Lanjutnya, Mawardi mengungkapkan bahwa Pemprov Sumsel saat ini memprogramkan pemerataan kuantitas dan fasilitas yang berkualitas dalam bidang pendidikan di 17 Kabupaten dan Kota Sumsel yang bertujuan untuk membentuk SDM yang berkualitas.

Untuk mewujudkan hal tersebut maka dapat dibentuk kerjasama antara Sumsel dan Amerika.

“Harapan kita bahwa SDM di Sumsel adalah siap pakai bukan hanya sekedar berpendidikan saja. Bisa kita jalin kerjasama terutama program pendidikan dari USA,”katanya.

Selanjutnya, Ia mengatakan bahwa akan membentuk tim kerja kecil yang akan mengkomunikasikan dan melihat peluang-peluang-peluang yang dapat dikerjasamakan agar dapat segera ditindaklanjuti.

Sementara itu Konsul AS untuk Sumatera yang berkedudukan di Medan, Mr Guy Margalith mengucapkan terimakasih atas silaturahmi dan kerjasama kemitraan yang telah terjalin selama ini antara AS dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

“Saya ucapkan terimaksih atas kemitraan dan kerja sama antara Indonesia khususnya Sumatera Selatan. Saya selaku konsul Amerika di Sumatera, siap untuk terus menjalin kerjasama dengan Sumsel diberbagai sektor,” ucap Mr Guy Margalith