Friday, April 19Referensi Bisnis Sumatera Selatan
Shadow

BI Pastikan Perkembangan Harga Pada Oktober Tetap Terkendali

EKSEL – Bank Indonesia mencatat berdasarkan survei pemantauan harga pada minggu III Oktober 2021, perkembangan harga pada Oktober 2021 tetap terkendali. BI memperkirakan inflasi sebesar 0,08% (mtm).

“Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi Oktober  2021 secara tahun kalender sebesar 0,88% (ytd), dan secara tahunan sebesar 1,62% (yoy),” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono.

Penyumbang utama inflasi Oktober 2021 sampai dengan minggu kedua yaitu komoditas  cabai merah sebesar 0,06% (mtm), minyak goreng sebesar 0,03% (mtm), cabai rawit, rokok kretek filter dan angkutan udara masing-masing sebesar 0,01% (mtm). Sementara itu, beberapa komoditas mengalami deflasi, antara lain telur ayam ras dan tomat masing-masing sebesar -0,03% (mtm),  bayam, kangkung, sawi hijau, bawang merah dan emas perhiasan masing-masing sebesar -0,01% (mtm).

“Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu, serta langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi,” tukasnya.