Friday, March 29Referensi Bisnis Sumatera Selatan
Shadow

Pemkot Palembang Dapat Bantuan Gubernur Rp2 M untuk Bangun Turap Pulau Kemaro

EKSEL – Pemerintah Kota Palembang bakal membangun turap (dinding penahan) di Pulau Kemaro. Pembangunan dimulai dari dermaga hingga sisi kanan pembatas Pulau Kemaro. “Dana pembangunan turap ini dari bantuan Gubernur senilai Rp2 miliar,” kata Asisten II Bidang Pembangunan Setda Palembang , Ansori, Senin (26/7/2021). 

Ia menuturkan, seperti diketahui Zuriat Ki Merogan mewakafkan tanah seluas 87 hektare di Pulau Kemaro untuk pembangunan destinasi wisata baru yang digagas Pemkot Palembang. 

Dalam prosesnya, Zuriat mengusulkan ada pembangunan tempat ibadah untuk umat Islam, juga Islamic Center sebagai pusat informasi. 

“Tetapi ini baru usulan. Masih kita kaji dulu. Anggarannya tahun ini baru bisa untuk bangun turap, mudah-mudahan usulan bisa ditanggapi oleh Gubernur dan mendapat bantuan lagi,” kata Ansori. 

Sebelumnya, Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, pada prinsipnya pembangunan yang direncanakan di Pulau Kemaro tersebut untuk kemajuan Palembang. Secara prinsip pihaknya menerima usulan dan keinginan Zuriat Ki Merogan. 

“Untuk teknis belum disepakati. Kita berharap ada investor yang ingin berinvestasi untuk membangun Islamic Center.” (Humas Pemkot Palembang)