Friday, April 19Referensi Bisnis Sumatera Selatan
Shadow

TPAKD Palembang Diharapkan Berdampak Positif kepada UMKM

FOTO : BAKOHUMAS PALEMBANG

EKSEL – Pemerintah Kota Palembang membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD).  Tim ini akan bertugas membantu percepatan perekonomian, terutama bagi UMKM.

Sekretaris Daerah Kota Palembang sekaligus Ketua Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa, menerangkan, sesuai namanya ada tiga tugas pokok dan fungsi TPKAD. 

“Yakni percepatan, akses dan tata kelola keuangan pemerintah daerah. Jadinya ini butuh komitmen dalam percepatan akses keuangan ini dari stakeholder harus bersinergi baik dari OJK, BI dan lain sebagainya,” kata Dewa. 

Ketu OJK Regional 7 Sumbagsel, Untung Nugroho, mengatakan dibentuknya tim ini untuk memacu perekonomian di kota Palembang dengan akses keuangan yang dilakukan oleh masyarakat.

“Jadi, tugas tim percepatan akses keuangan daerah ini yakni bagaimana mengajak semua OPD dan lembaga yang ada untuk meningkatkan akses masyarakat untuk mengakses pembiayaan, kredit, dana dan lain sebagainya, untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi,” ujar Nugroho. 

Ia mengatakan saat ini kondisi akses keuangan di Kota Palembang terbilang cukup tinggi atau sangat baik.

“Kalau di Palembang akses keuangannya cukup tinggi sebenarnya, sudah di atas 75 persen. Karena akses keuangan ini diukur dengan jumlah penduduk yang memiliki rekening di bank,” jelas dia. Namun, walaupun memiliki rekening bank, masih banyak yang kesulitan mengakses pembiayaan. (ril bakohumas)