Friday, April 19Referensi Bisnis Sumatera Selatan
Shadow

HD Minta Kepala BPS Baru Tingkatkan Kerja Sama dengan Pemprov Sumsel

EKSEL – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) mengkukuhkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Prov di Griya Agung Palembang.

Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari Keputusan Kepala BPS Republik Indonesia melalui Surat Keputusan (SK) Nomor 0517001/KPG Tahun 2021 tentang Mutasi Jabatan Pegawai Negeri Sipil yang mengangkat Ir. Zulkipli, M.Si sebagai Kepala BPS Provinsi Sumatera Selatan yang baru sebagaimana yang terlampir pada SK tersebut.

Dikesempatan itu, HD mengatakan bahwa pemerintahan dapat berjalan dengan baik jika semua instrumen dipemerintahan baik vertikal maupun horizontal dapat menyamakan persepsi dalam menjalankan tugasnya masing-masing dalam membangun daerah. Komunikasi merupakan unsur penting dalam menyelesaikan sebuah permasalahan agar mendapatkan solusi dan mencapai tujuan bersama dalam membangun daerah.

“Jika Kita sudah bicara tentang kesejahteraan masyarakat, maka kita harus mengesampinkan perbedaan golongan, ras, suku dan agama maupun partai dalam mewujudkan hal tersebut”, tegas HD.

Menutup sambutannya HD mengajak Kepala BPS Prov. Sumsel untuk dapat meningkatkan kerja sama yang baik dalam mewujudkan Perintah Presiden yaitu Indonesia Satu Data.

Sementara itu, Inspektur Utama BPS RI, Drs. Achmad Jaelani, M.Si menjelaskan bahwa Kepala BPS Prov. Sumsel, Ir. Zulkipli, M.Si merupakan sosok yang memiliki segudang pengalaman dan pernah bertugas di beberapa tempat.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam menghasilkan data yang berkualitas BPS tidak dapat bekerja sendiri, dalam hal ini tentunya BPS memerlukan bantuan dan dukungan dari Pemerintah Daerah dan Instansi terkait dalam pelaksanaannya.

Selain itu Ia juga meminta kepada Insan BPS agar mampu membantu stakeholder dalam memahami dan mengartikan data dengan baik sehingga data tersebut dapat dirumuskan menjadi rujukan dalam pengambilan kebijakan oleh Pemerintah Daerah ataupun Pemerintah Pusat.