Tuesday, April 23Referensi Bisnis Sumatera Selatan
Shadow

Pelabuhan Tanjung Carat Ditargetkan Kelar 2023

EKSEL – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru bersama Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi meninjau langsung lokasi Pelabuhan laut dalam (deep sea port) Tanjung Carat di Kabupaten Banyuasin, Sabtu (20/02/2021)
.
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menegaskan, tepat di tahun ini Pelabuhan tanjung carat akan ground breaking dan ditargetkan selesai pada tahun 2023.
.
“Secara operasional untuk layak itu pertama harus kedalaman yang memadai nah kita tadi sudah ketemu satu titik dengan kedalaman kurang lebih 12 hingga 18 meter. Yang kedua adalah jangkauan, yang ketiga adalah tanahnya bisa dimungkinkan untuk dibangun pelabuhan. Nah semuanya itu sudah memungkinkan oleh karenanya kita sampaikan Insya Allah bisa dilaksanakan,” terangnya
.
Dalam pengerjaannya proyek ini dikatakan Menhub, akan dilakukan investasi oleh pemerintah maupun swasta .
.
“Tentu dalam minggu-minggu ini bersama Pak Kemenko, nanti akan koordinasikan dengan BAPPENAS apakah pemerintah yang membiayainya, atau swasta yang melalukannya,” tambahnya
.
Untuk diketahui, Pelabuhan Tanjung Carat yang telah ditargetkan oleh Presiden RI Joko Widodo, Tahun 2023 pembangunan fisik selesai, dan beroperasi 2024, telah mengundang beberapa pihak swasta yang berminat untuk membangun pelabuhan laut dalam tersebut.
.
“Kita ingin memastikan dibangun mulai 2021 ini selesai 2023, oleh sebab itu pula kita harus merapatkan lagi,” pungkasnya .