Friday, April 19Referensi Bisnis Sumatera Selatan
Shadow

Sudah Saatnya Migrasi TV Analog ke Digital

digital

EKSEL – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan pemerintah memastikan terus mendorong migrasi TV analog ke digital. “Saya sampaikan pemerintah tidak akan surut digitalisasi,” katanya.

Menurut menteri, seiring dengan perkembangan teknologi, TV digital tidak bisa dihindari, meski demikian pihaknya saat ini belum bisa memastikan kapan migrasi TV analog ke digital bisa dilaksanakan, walaupun  switch off dilakukan tahun 2018.

Uji coba yang switch off 2018 bisa diperpanjang agar timbul confidence dari masyarakat juga pelaku bisnis.

Menurut dia, uji coba pemanfaatan struktur  multiplex sudah di operasikan , yaitu untuk TVRI sedangkan lembaga penyiaran yang lainnya sebgai status content provider dan saat ini sedang dilakukan 12 kota Indonesia dan pengikutnya banyak.

Uji coba tersebut dibutuhkan untuk mendapatkan pengalaman dalam pelaksanaan TV digital sekaligus mempersiapkan langkah-langkah yang dibutuhkan dalam menuju penerapan TV digital secara penuh.

Menkominfo mengakui saat ini uji coba tersebut belum dapat menghasilkan ekosistem yang optimal, terutama karena masyarakat sebagai penonton masih sedikit dan belum terbiasa. Apalagi untuk menonton TV Digital tersebut, pada produk televisi yang lama harus menggunakan “set top box” untuk menangkap sinyal. Meskipun, bagi TV yang baru, “feature” untuk menonton TV digital sudah ada.

Dikatakan pula oleh Menkominfo bahwa manufaktur di Indonesia sudah siap untuk tidak memproduksi lagi tivi analog. Sementara izin local sudah diberikan 1200 ijin dan untuk jaringan. (mig)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *